Tips Memilah Dan Memilih Iklan Lowongan Pekerjaan

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips memilah dan memilih iklan lowongan pekerjaan. Indonesia saat ini sedang mengalami bonus demografi yaitu usia produktif yang lebih banyak dibandingkan dengan usia non produktif. Hal ini dapat menjadi suatu keuntungan jika Indonesia mampu memanfaatkan dan menyerap tenaga kerja dengan baik. Apabila angkatan kerja ini bisa terserap semua, maka banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Namun jika tidak bisa terserap dengan maksimal, maka akan menjadi bumerang bagi negeri ini sendiri.

Cara Mudah Mendapatkan Informasi Mengenai Lowongan Pekerjaan

Lowongan pekerjaan masih menjadi suatu hal yang paling dicari-cari, apalagi saat ini banyak sekali usia siap kerja yang sedang mencari arah rezeki akan membawanya ke mana. Pada zaman dahulu, koran menjadi salah satu media paling populer untuk memuat iklan mengenai lowongan pekerjaan. Namun sekarang, telah banyak media yang bisa digunakan sehingga para pelamar tidak hanya melihat lowongan kerja di kota asalnya saja.

Merantau dan mudik menjadi dua kata khas yang kini identik dengan para pekerja. Ketika lowongan kerja di kota asal tidak dapat lagi menampung tenaga kerja, maka merantau merupakan salah satu pilihan untuk bisa mendapatkan penghasilan. Permasalahan ini memang masih menjadi pekerjaan rumah bersama, ketika jumlah kesempatan kerja di masing-masing daerah berbeda-beda. Jumlah pencari kerja dengan lowongan kerja yang tersedia pun sering kali tidak sebanding.

Oleh karena itu, teknologi hadir sebagai media informasi terbaru bagi para pencari kerja yang ingin merantau. Terdapat banyak platform online yang menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan. Bahkan Anda bisa langsung mengajukan berkas lamaran dari platform online tersebut. Saat ini juga lamaran bisa lebih mudah dan cepat dikirim dengan menggunakan email atau surat elektronik.

Berikut ini beberapa media kekinian yang biasa digunakan sebagai tempat berbagi informasi lowongan kerja.

  • Platform online yang saat ini tersebar sangat banyak dapat membantu para pencari kerja dalam mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Terdapat banyak platform online tentang informasi lowongan kerja yang bisa Anda cari di Google. Namun Anda tetap harus hati-hati, apalagi jika telah menyangkut identitas diri Anda seperti kartu tanda penduduk, ijazah, kartu keluarga, maupun dokumen pribadi lainnya. Anda harus lebih jeli dan teliti agar tidak dirugikan oleh platform online abal-abal yang berkedok penipuan. Lihat dahulu review mengenai platform online itu sehingga Anda bisa mengetahui pengalaman dari user-user sebelumnya.
  • Sosial media yang ada saat ini bukan hanya diperuntukkan sebagai media pamer dan julid saja, tetapi bisa digunakan juga untuk berbagi informasi lowongan kerja yang bermanfaat. Ada pula grup-grup yang dibuat pada aplikasi chat seperti Whatsapp dan telegram yang bisa membantu Anda dalam menemukan informasi lowongan pekerjaan. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mengetahui lowongan kerja yang benar dan tidak dengan bantuan penilaian dari anggota grup yang lainnya. Jangan lupa pula pada Instagram dan Facebook yang menjadi media dalam berbagi informasi.

Hati-Hati Penipuan Iklan Lowongan Pekerjaan

Zaman yang serba canggih seperti saat ini pun masih rentan dengan adanya penipuan dengan modus lowongan pekerjaan. Lowongan pekerjaan menjadi informasi yang paling banyak diminati sehingga banyak oknum tidak bertanggungjawab yang menyalahgunakan informasi penting ini. Padahal hal ini sangat merugikan para pelamar kerja yang niatnya ingin mencari kerja.

Berikut ini beberapa modus yang pernah dilakukan oleh penipu dan harus Anda waspadai jika menemukan hal yang serupa.

  • Iklan lowongan kerja yang disertai dengan iming-iming nama travel dan biaya penggantian transportasi menuju perusahaan. Modus ini menjadi salah satu yang paling sering ada di masyarakat sehingga Anda jangan sampai tertipu dengan modus yang seperti ini. Penipuan ini biasanya mengatasnamakan dirinya perusahaan-perusahaan besar yang peminatnya sangat banyak. Ketika sang pelamar telah sampai di kantor pada jadwal yang sesuai dengan undangan, maka baru dapat diketahui bahwa itu adalah penipuan. Apabila Anda mendapatkan undangan interview atau tes yang kemudian disertai dengan nama travel, maka sebaiknya Anda langsung hapus, abaikan, dan lupakan.
  • Domain email yang tidak jelas dapat menjadi salah satu indikasi dari modus penipuan. Perusahaan-perusahaan besar biasanya telah memiliki domain emailnya sendiri, dan kecil kemungkinan menggunakan domain email yang gratisan. Jadi, jika Anda mendapatkan panggilan tes ada baiknya lakukan crosscheck terlebih dahulu agar tidak menyesal kemudian.
  • Modus berikutnya yang sering membuat bingung para pencari kerja adalah biaya medical check up. Medical check up merupakan salah satu rangkaian tes yang dilakukan oleh beberapa perusahaan untuk memastikan bahwa calon karyawan sehat sebelum masuk ke dunia kerja. Para penipu dengan modus medical check up ini menggunakan kedok transfer biaya melalui nomor rekening. Penipu akan berusaha menghubungi pelamar kerja dengan mengatasnamakan pihak HRD dari perusahaan tertentu. Kemudian oknum tersebut memaksa para pelamar untuk membayar uang medical check up terlebih dahulu dan tidak memperbolehkan jika pelamar hendak membayar langsung di tempat tes. Hal ini sering menimbulkan keraguan bagi para pencari kerja. Oleh karena itu ada baiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai kebenaran informasi ini.
Share Button